Amal Sosial Pendidikan : Donasi Hp untuk Siswa Kurang Mampu di Daerah Pacung, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng, Bali dan Bakti Sosial di Pura Ponjok Batu

Anda dapat mendukung gerakan ini dengan berdonasi melalui salah satu rekening di atas. Informasi rekening ada di bagian paling bawah halaman ini.

Gerakan 100 Hp untuk membantu anak-anak kurang beruntung belajar di tengah pandemi dari Yayasan Surya Widya Kerthi milik semeton alumni SPG Negeri Denpasar, yang diinisiasi oleh Prof. Wayan Arka sempat tertunda di tahun 2021, mengingat situasi pandemi Covid 19 yang belum juga berakhir.

Ketika situasi memungkinkan, sebelum diterapkannya PPKM darurat , pada tanggal 17 Juni 2021 tim Yayasan Surya Widya Kerthi memutuskan untuk melanjutkan kegiatan ini agar tidak jeda terlalu lama. Sasaran kami kali ini adalah siswa yang kurang beruntung di daerah Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kemegahan Pura Ponjok Batu di Tejakula, Buleleng, Bali

Acara diawali dengan sembahyang bersama di Pura Ponjok Batu dan bakti sosial melalui penyerahan sembako kepada pemangku dan pengemong Pura Ponjok Batu.

Tim Yayasan Surya Widya Kerthi melakukan persembahyangan bersama di Pura Ponjok Batu
Foto bersama tim Yayasan Surya Widya Kerthi di Pura Ponjok Batu
Bakti Sosial penyerahan bantuan sembako kepada perwakilan pemangku dan pengemong Pura Ponjok Batu.

Selanjutnya, penyerahan Hp kepada siswa kelas 6 atas nama Putu Widi Adnyana yang bersekolah di SDN No. 3 Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Ayahnya bekerja sebagai seorang petani penggarap.

Penyerahan Hp kepada siswa atas nama Putu Widi oleh bendahara yayasan, 1 unit Hp ini merupakan sumbangan dari Bapak Doktor Made Sudarma, dosen Fakultas Ekonomi, UNUD.

Siswa lain yang mendapat batuan hp untuk pembelajaran daring adalah siswa kelas 5 atas nama Putu Darma Yadnya yang bersekolah di SDN No. 3 Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Sama dengan ayah Putu Widi, ayah Putu Darma juga seorang petani penggarap, dan telah mendapat bantuan bedah rumah dari pemerintah.

Penyerahan Hp kepada siswa atas nama Putu Darma oleh pengawas yayasan didampingi oleh ibu Kepala Sekolah SDN No. 3 Pacung.

Pada kesempatan yang baik tersebut, tim yayasan juga menyerahkan pakaian layak pakai kepada masyarakat setempat yang membutuhkan.

Penyerahan pakaian layak pakai untuk warga setempat yang membutuhkan

Acara terakhir hari itu adalah home visit atau kunjungan ke rumah salah seorang siswa penerima bantuan, untuk mengecek dan memastikan agar bantuan benar-benar tepat sasaran. Orangtua siswa memang kurang mampu secara finansial, tetapi anaknya rajin dan berprestasi. Mengingat ini masih dalam masa pendemi, seluruh rangkaian kegiatan dijalankan dengan prokes yang sangat ketat.

Home visit ke rumah Putu Darma, salah seorang siswa penerima bantuan Hp. Dalam foto, (kiri – kanan) Ayah Putu Widi, Putu Widi, Putu Darma, Ayah dan Ibu Putu Darma
Putu Darma melakukan panggilan video dengan Prof. Arka didampingi Ketua Yayasan dan beberapa pengurus yayasan
Salah satu sudut rumah Putu Darma

Salurkan donasi Anda melalui:

Transfer bank Indonesia – bank BNI –0910131133
Nama pemegang rekening : I Wayan Mastaadhi, Sagung Raka Suartini, dan Ni Made Armini

PayPal : nimadearmini1962@gmail.com
atau klik tombol di bawah untuk mengirim donasi dengan link PayPal.me

*****

Comments are closed.